Belajar Membuat Puisi

Written by Dewi M. Sebayang 0 komentar Posted in: , , ,

Membuat puisi tidak terlalu sulit. Pada dasarnya sebuah puisi adalah ungkapan isi hati yang dituangkan dalam bentuk kata-kata. Jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat puisi adalah menulislah, tak perlu memikirkan bagus atau tidak yang penting kita telah mencoba untuk menulis sebuah puisi.
Banyak teori yang membedah tentang puisi, begitu juga dengan aliran-aliran dalam puisi. Tapi jangan pernah berhenti pada satu teori maupun satu aliran puisi. Kita boleh memiliki satu acuan atau mengikuti satu aliran puisi, tapi jangan menutup diri untuk beragam bentuk dan aliran puisi yang lain. Dengan begitu akan semakin banyak referensi kita tentang bentuk-bentuk puisi.
Langkah selanjutnya adalah membaca. Perbanyaklah membaca entah apa pun itu. Membaca selain merupakan sebuah hiburan yang mudah dan murah juga merupakan sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Pepatah bijak mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, benar karena melalui buku kita dapat melihat tempat dan dunia lain yang belum pernah kita lihat. Kita dapat mengenal banyak hal melalui buku, tak perlu menjadi seorang arkeolog untuk mengetahui tentang umur mumi, atau tak perlu menjadi seorang sejarawan untuk tahu peristiwa perang diponegoro atau peristiwa kemerdekaan Indonesia. Melalui buku kita dapat mengetahui semua hal tersebut. Selain itu dengan banyak membaca akan menambah perbendaharaan kosa kata kita. Semakin banyak kosa kata kita akan semakin bervariatif pula puisi yang kita buat. Jadi sudah menentukan buku apa yang akan kamu baca hari ini??
Nah bukan hal yang sulit kan untuk membuat sebuah puisi? Curahkan saja apa yang kamu rasakan tentang hidup, cinta, teman, dan semua yang ada dalam hati dan pikiranmu, jangan pikirkan bagaimana bentuk akhirnya atau bagaimana kata orang tentang hasil karyamu, tetaplah semangat dan percaya diri, teruslah menulis dan buatlah puisi yang jujur dari dalam hati.

0 komentar:

Posting Komentar